[ GUIDE ] Black Dragon Nest Stage 3 : Ungata General Umbala
Yo-Hallo~ Wahahaha kali ini kita menuju artikel terakhir di bulan
Agustus ini. Kembali ke Guide BDN, kita akan membahas mengenai stage 3
yaitu Fire Mino. Sebenarnya nama dari boss stage ini adalah General
Umbala, namun kita persingkat saja dengan Fire Mino atau Mino saja.
Disini saya tidak harus menekankan anda membawa class apa saja. Anda
sesuaikan dengan kebutuhan lapangan. Untuk party full FD bisa melakukan
KoS ketika selesai mekanik bubble last bar. Untuk gears menengah-atas
nampaknya harus melalui bermacam cobaan di last bar. So, nikmati saja
ahahaha.
UNGATA GENERAL UMBALA
BASIC SKILLS
- Charging. Mino akan mengangkat kapak dan menghujamkan ke tanah. Tak lama kemudian akan lari lurus ke depan dengan kapak menggeser permukaan lantai. Damage ketika pertama mengujam lantai sekitar 250k. Lalu ketika berlari ke depan, member yang berada di depannya akan terseret sampai charging selesai. Damage sekitar 80k per hit. Yang berbahaya dari skill ini, ketika anda berada di ujung map dan terseret hingga Lava.
- Triple Strikes. Mino akan menghujamkan kapak ke depan, lalu ke belakang, disusul 360 derajat swing. Damage sekitar 250K per hit plus confuse 10 detik.
- Swing. Menebaskan kapak, damage sekitar 300K. Memberi efek clear all buff.
- Call Mino's Stampede. Mino memegang kedua kapak sejajar di depan dada dan melakukan Roar. Akan ada trail api lurus di map, tidak lama kemudian akan ada 4 Mino kroco yang berlari di garis tersebut. Efek knockback sekitar 7-8 meter plus burn 97K per ticks.
- Stomp. Mino secara tiba tiba akan melakukan Roar dan menembakkan Fire Crescent Cleave ke segala arah disertai stomp. Damage stomp sekitar 800K - 900K ( def 43% fisik ). Fire Crescent Cleave memberi efek knockback, initial damage 250K, burn 97K per ticks. Terkena Stomp memberi efek tambahan yaitu knockdown + slow 10 detik + burn 97K per ticks. Tidak ada patokan pasti delay Stomp ke Stomp berikutnya. Namun berada di kisaran 15 - 40 detik setelah stomp terjadi.
- Rain of Axes. Mino akan melemparkan kapak yang terbakar ke seluruh member party di map. Ditandai dengan lingkaran kuning di lantai. Mirip skill Naga Jakard DDN, meteor rain. Damage sekitar 180K per hit, efek knockdown, dan burn 97K per ticks.
- Confuse Run. Ketika memasuki bar x3, Mino memiliki skill baru yaitu Confuse Run. Mino akan melakukan Roar disertai aura merah ( mirip super saiyan mode di manga Dragon Ball Bwuahahaha ). Mino akan teleport ke tengah map, setelah itu melakukan Roar. Ketika Roar, seluruh member party akan terkena status confuse dan auto run menuju pinggir map. Tekan A-D secara berulang untuk lepas. Disini ada beberapa saran dari saya, sebelum Roar terjadi pastikan anda berkumpul di tengah untuk memperlebar jarak dengan pinggir map. Area belakang mino memberi ruang lebih banyak untuk lari, sehingga memberi waktu ekstra. Ketika Roar terjadi, maka seluruh buff yang dimiliki player akan hilang alias clear buff. Tidak ada patokan baku delay skill ini akan berulang kapan. Namun akan terjadi rentang waktu 30 - 120 detik setelah skill ini terjadi. Petaka terjadi apabila ada Academic lugu cast Wax sebelum confuse, dan efek wax memberi boost lari menuju pinggir map lebih cepat.
- Berserk. Masuk x2.7 hingga mati, Mino akan melakukan Berserk. Akan ada pengumuman di layar anda kalau Mino akan berserk. Tanda berserk akan terlihat di kening Mino, bertahan 60 detik. Berserk akan di-recast sekitar 45 - 80 detik setelah Berserk di cast. Berserk akan menaikkan semua damage Mino menjadi sekitar 400% alias sekali colek mokad. Skill remove buff seperti Devitalizing Howl dan Mecha Siren sangat berguna di situasi ini.
- Charged Swing. Masuk x2.7 Mino memiliki skill baru lagi. Mino akan dalam posisi hendak menebas dan cast selama 3 detik. Damage sekitar 700k dengan efek knockdown. Efek serangan ini meliputi 180 derajat, dimulai dari tangan kiri sampai tangan kanan mino. Range serangan sampai ujung map. Titik aman berada di samping belakang mino. Petaka terjadi apabila mino tersudut di ujung map dan cast skill ini. Kiamat terjadi apabila skenario di atas terjadi dan Mino dalam kondisi berserk.
- Perlu diketahui, serangan Mino berkemungkinan terjadi serangan critical alias up 200%. Persiapkan diri anda ketika HP sudah 1 juta dan terkena Stomp Mino langsung 1 hit KO. Nyahahahaha~
MEKANIK STAGE
- Map berbentuk lingkaran dan dikelilingi Lava. Lava memiliki damage initial 700K per detik dan burn 97K per ticks.
- Ketika masuk x2, Map akan mengecil ditandai dengan Lava yang semakin maju.
- Ketika masuk last bar, Map akan mengecil ( lagi ) ditandai dengan Lava yang semakin maju ( lagi ).
- Setiap berganti bar HP, Mino akan teleport ke tengah dan akan ada hitung mundur 5 detik. Akan muncul pula 8 gelembung di posisi 12 / 1-2 / 3 / 4-5 / 6 / 7 -8 / 9 / 10-11 . Gelembung akan hancur apabila terkena serangan apapun baik skill ataupun normal hit. Satu gelembung hanya akan memberikan perlindungan anti ledakan kepada satu orang terdekat selama 5 detik. Setelah hitung mundur selesai, akan ada ledakan 1 map yang memberi efek 1 hit KO ( tembus buff apapun ). Skill basic Assassin, feint, dapat membuat Assassin tetap hidup meski seharusnya mati terkena mekanik.
STRATEGI PARTY
disini ada gambar yang sangat bagus dari situs duowan untuk menggambarkan spot bubble. |
- Tentukan spot tiap player di bubble ketika selesai hancurkan last barrier di stage 2. Tempatkan orang yang disiplin posisinya kurang di posisi 12 / 3 / 6 / 9.
- Untuk party menengah - atas membawa class yang bisa buff remove seperti Destro / GM / Barba / SS untuk remove berserk. Destro adalah rekomendasi utama, karena buildnya jelas VIT / Heal sendiri / Reduce damage terbanyak. Saya tidak menyarankan membawa Engineer ( meskipun saya Engineer User ) di BDN. Stage-stage BDN membutuhkan keterampilan tingkat tinggi atau istilah kerennya di komunitas yaitu skill dewa dari Engineer dalam teknik lure Aggro ataupun timing Siren dan tower. Kalau anda kenal player seperti itu, tidak masalah untuk menggantikan slot Destro. Namun saya sangat yakin tidak ada player Engineer yang memiliki keterampilan tingkat tinggi seperti itu, kecuali setelah Revamp Engineer yang membuat ini semakin mudah.
- Untuk party full FD, tidak perlu membawa berserk remover karena akan fast kill dari x2.7 langsung bubble. Setelah bubble selesai dilanjutkan fast skill Mino KoS mode 1 bar.
- Lakukan burst damage setelah Stomp, sebelum Stomp party menjauh dari Mino.
- Mendekati ganti bar, seluruh member harap menempati posisi masing-masing.
- Beyond Time / Spirit Boost / Buff apapun itu lakukan setelah skill confuse run.
- Mekanik bubble akan auto destroy summon, kecuali summon Engineer / GM yang belum menembakkan serangan satupun tidak akan hancur. Seperti yang saya katakan, kalau membawa Engineer di BDN pastikan Engineer tersebut sangat expert di bidangnya. Kalau hanya modal cute dan sembarang summon, tinggalkan saja daripada party wipe out.
- Skill Aggro sangat berguna untuk memancing Mino ke tengah map ketika mendekati mekanik Bubble ataupun x2,7 hingga mati. Untuk menghindari Charge Swing. Sangat recommended membawa Destro, apabila memakai Engineer untuk lure Aggro maka pastikan Engineer tersebut Expert masalah hal ini ( lagi-lagi ).
- Coba membuat pola lingkaran kecil ketika Mino cast Rain. Hal ini efektif ketika bar x2 dan last bar dimana map menyempit.
VIDEO AND PICS
Tentukan spotnya dahulu |
Tanda-tanda charging |
Charging! |
Axe Swing! |
Rain! |
Tanda di lantai menunjukkan posisi fire axe akan jatuh. |
Tanda Stampede! |
Lihat tanda trail api di layar, itu menandakan lintasan Stampede! |
Rombongan mino melintas! |
Tanda akan stomp, Fire Crescent Cleave! Cari celah diantaranya! |
Jump untuk menghindari stomp! |
Mino menghantamkan Axe ke lantai tepat di depannya, tanda-tanda triple strike! |
Menghantamkan ke belakang! |
Lalu swing 360 derajat! |
Tanda akan mekanik bubble, lihat bar HP mino hendak berganti bar! |
Stand By di spot yang sudah disiapkan |
Hit ketika hitung mundur dimulai. Jangan gunakan skill untuk hit! |
Hitung mundur habis, 1 map meledak! |
Tanda bakal confuse run! |
Segera ke tengah untuk mengambil jarak dengan pinggir map! |
Confuse run dimulai, efek clear buff! |
ADAD mania! Disini saya sengaja melepas sayap agar movement speed agak lambat. Sehingga saya tidak sampai ke pinggir dengan cepat ketika confuse. |
Sukses lepas dari confuse run! |
Ganti bar, mekanik lagi~ |
Mino menarik lantai agar lebih sempit! |
Tanda Mino Berserk! |
Charged Swing! |
Segera menuju samping belakang mino! |
Safe! |
Mekanik bubble terakhir |
Mino menarik lantainya lagi menjadi lebih sempit. |
Apabila kalian jeli, lantai di map sekarang menjadi lebih sempit. |
Sayonara~ |
- Kali ini saya akan istirahat dahulu menulis blog, semoga guide-guide disini membantu para pembaca semuanya. Happy Dragon Nest! -
Tidak ada komentar:
Posting Komentar